Example floating
Example floating
Blog

Capai Swasembada Pangan, Babinsa Wonosari Kodim 0723/Klaten Dampingi Petani Penyiapan Lahan

233140
×

Capai Swasembada Pangan, Babinsa Wonosari Kodim 0723/Klaten Dampingi Petani Penyiapan Lahan

Sebarkan artikel ini

REALITA.CO.ID || KLATEN – Dalam upaya memperkuat sektor pertanian sebagai tulang punggung perekonomian lokal, Babinsa (Bintara Pembina Desa) dari Kodim 0723/Klaten terus memberikan dukungan aktif kepada petani di wilayah Wonosari. Melalui program pendampingan yang intensif, mereka membantu petani dalam persiapan lahan guna meningkatkan produktivitas pertanian.

Seperti Serka Joko Sri Murningsih Babinsa Desa Duwet Koramil 22 Wonosari Kodim 0723/Klaten melaksanakan pendampingan petani pada penyiapan lahan pertanian di Dukuh Karangasem Desa Duwet Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, (2/5/2024)

Babinsa yang merupakan ujung tombak TNI (Tentara Nasional Indonesia) di desa, telah meluncurkan serangkaian kegiatan untuk memastikan bahwa petani mendapatkan bimbingan dan dukungan yang mereka butuhkan. Salah satu kegiatan utama adalah pendampingan dalam proses penyiapan lahan pertanian. Hal ini menjadi kunci keberhasilan dalam menjamin kualitas tanah yang baik serta optimalisasi penggunaan lahan untuk hasil panen yang maksimal.

Kapten Inf Luis Timor, Komandan Rayon Militer (Danramil) 22 Wonosari saat dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa peran aktif Babinsa dalam mendukung program pertanian di wilayah binaan harus nyata dirasakan oleh warga.

Masih kata Danramil bahwa pendampingannya Babinsa mencakup berbagai tahapan, mulai dari pemilihan lahan yang tepat hingga proses persiapan lahan yang optimal.

“Melalui pendampingannya yang sistematis, kami berharap petani di Wonosari dapat meningkatkan hasil panen mereka secara signifikan,” ungkap Danramil

“Babinsa bekerja beriringan dengan petani dengan memberikan saran dan panduan teknis untuk penggunaan pupuk, pengolahan tanah, dan pengaturan pola tanam yang efektif. Selain itu, mereka juga memberikan informasi terbaru mengenai teknologi pertanian dan praktik terbaik yang dapat diterapkan oleh petani,” tambahnya.

Sementara itu Jumeri (58), seorang petani di Wonosari mengungkapkan apresiasinya terhadap peran Babinsa dalam mendukung usahanya.

“Dengan bantuan dan panduan dari Babinsa, kami dapat merencanakan dan melaksanakan penyiapan lahan dengan lebih efisien. Ini membantu kami meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan keluarga kami,” ungkap Jumeri.

“Melalui kolaborasi yang erat dengan Babinsa, diharapkan sektor pertanian di Wonosari dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan warga,” pungkasnya. (Red)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Beri Dukungan Moril,Puluhan Ribu Masyarakat Dari Berbagai Kecamatan Melakukan Aksi Damai REALITA.CO.ID || SAMPANG– Puluhan ribu masyarakat dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Sampang bersama Persekutuan Integral Aktivis Indonesia (PERISIA) menggelar aksi damai di depan Kantor Pemkab setempat. Selasa (21/5/24). Aksi damai dari ribuan massa tersebut ditunjukkan guna mendukung dan memberikan support moril terhadap kinerja Penjabat (Pj) Bupati Sampang Rudi Arifianto selama ini. Tampak masyarakat membawa poster, spanduk bertuliskan yang menunjukkan dukungan terhadap Rudi Arifianto. Korlap aksi H Sukardi mengatakan, pihaknya bersama ribuan masyarakat datang untuk mendukung penuh kerja-kerja Pj Bupati Sampang selama ini dan rencana kerja ke depan. Menurutnya selama lima bulan kepemimpinan Pj Bupati Sampang (Rudi Arifianto) banyak hal poistif yang dikerjakan untuk Kabupaten Sampang. Salah satunya adalah mengubah air laut menjadi air tawar, pemanfatan urine sapi sebagai pupuk organik cair dan rencana pembangunan embong skala besar dibeberapa titik guna menampung luapan air ketika banjir sekaligus untuk mengatasi kekurangan air ketika musim kemarau. “Artinya, Pj Bupati Sampang sudah punya i’tikad baik untuk melakukan langkah-langkah konkret memajukan kabupaten Sampang dari berbagai sisi,” ucapnya. Tak hanya itu, Sukardi juga mendukung upaya evaluasi Pj Kades yang dilakukan oleh Pj Bupati Sampang bersama dengan tim evaluasi Kabupaten. Menurutnya Evaluasi Pj Kades sudah sesuai dengan aturan Peraturan bupati (Perbup) “Akhir-akhir ini, Pj Bupati Sampang diserang sedemikian rupa oleh segelintir orang berkaitan dengan kebijakannya mengevaluasi Penjabat Kepala Desa (Pj Kades). Padahal Pj Bupati hanya menjalankan amanat perbup nomor 27/2021 pasal 72 yang menyatakan “Penjabat Kepala Desa dalam hal melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban dilakukan evaluasi setiap enam bulan oleh Tim Evaluasi Kinerja Penjabat Kepala Desa” Dimana perbup dimaksud disahkan pada periode sebelum Pak Rudi Arifiyanto menjabat sebagai Pj Bupati Sampang,” tegasnya. Berikut beberapa poin pernyataan sikap PERISAI bersama dengan ribuan masyarkat saat menggelar aksi damai. 1. Mendukung kinerja PJ Bupati Sampang, baik yang telah dilakukan dan yang masih dalam tahap perencanaan. 2. Kami dukung penuh PJ Bupati Sampang perihal evaluasi PJ Kepala Desa, Sesuai Perbup No. 27 Tahun 2021 yang disahkan oleh pemerintahan sebelumnya. 3. Mendorong PJ Bupati Sampang untuk segera membentuk Tim Terpadu untuk Monitoring kinerja PJ Kades Se-kabupaten Sampang.
Blog

REALITA.CO.ID || SAMPANG– Puluhan ribu masyarakat dari berbagai…