Example floating
Example floating
Blog

Bersih-Bersih Sampah di Sungai Wrati Dusun Ngering serta Dusun Patuk tak Maksimal

576670
×

Bersih-Bersih Sampah di Sungai Wrati Dusun Ngering serta Dusun Patuk tak Maksimal

Sebarkan artikel ini

REALITA.CO.ID || Pasuruan – (FPRB) Forum Pengurangan Resiko Bencana kecamatan Gempol Kab Pasuruan bersama (LPBI NU, ) Merupakan lembaga pelaksana kebijakan dan program Nahdatul Ulama bidang penanggulangan bencana, perubahan iklim & pelestarian lingkungan.

Yayasan Jagat Nusantara Bangil, perangkat desa, dan babinsa melakukan bersih-bersih sampah di Sungai Wrati,Dusun Ngering Desa Legok Dusun Patuk, Desa Gempol, Jumat (9/2/2024).

Kegiatan ini bertujuan mengurangi risiko banjir yang menggenangi rumah penduduk, akibat tumpukan sampah rumah tangga yang menyumbat aliran sungai.

Namun sayang, kegiatan bersih-bersih sampah tersebut tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat. Giat pembersihan pun menjadi tidak maksimal lantaran hanya menggunakan tenaga manual..

Sekretaris FPRB Jawa Timur, Yoyok, mengakui kegiatan ini belum maksimal karena masih menggunakan tenaga manusia. Karena itu pihaknya mengajak masyarakat sekitar dan relawan FPRB Kecamatan Gempol.”

Kita berharap ada dukungan dari pemerintah untuk kegiatan bersih-bersih guna memperlancar aliran air yang tersumbat sampah,” ujar Yoyok.

Sementara Ketua FPRB Kecamatan Gempol, Hadi Suar, berharap kegiatan ini berkesinambungan.”Artinya tidak berhenti hari ini saja, harus ada program lanjutan yang terkonsep dengan matang. Caranya melibatkan semua pemangku wilayah mulai camat, OPD seperti DLH, dinas pengairan, dan BPBD,” katanya.

Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana kali ini mendapat respons secepatnya dari Pemkab Pasuruan agar Gempol yang digaung-gaungkan bebas banjir bisa terwujud..

Kegiatan tersebut juga dihadiri belasan wartawan dari berbagai media. Mereka turut mengangkuti sampah yang diambil dari sungai. Mereka juga rela turun ke sungai untuk mengambili berupa banyak sampah. (Syamsul / A-6 )

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *