Example floating
Example floating
Blog

Mengusung Visi “SEMAR” Desa Randupitu Meraih Juara Lomba Desa Bersih 2024

908
×

Mengusung Visi “SEMAR” Desa Randupitu Meraih Juara Lomba Desa Bersih 2024

Sebarkan artikel ini

 

REALITA,CO.ID.|| Pasuruan- Desa Randupitu Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan mengikuti Lomba Desa berseri tingkat Pratama dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur tahun 2024 yang di gelar pada Senin (21/6/2024).

Bertempat Balai Desa Randupiti,Tim verifikasi dan validasi DLH Jatim melakukan penilaian Lomba Desa Berseri di Kabupaten Pasuruan, dengan beberapa sasaran, salah satunya Desa Randupitu.Tim lokasi penilaian, ada di lingkungan RT 1 RW 06, RT 2 RW 06, RT 1 RW 11, RT 2 RW 11, Bak sampah yang berlokasi di TPS3R Yang ada di desa Randupitu, menjadi pusat penilaian tim verifikasi desa berseri Jawa Timur.

Tim verifikasi dan validasi yang di pimpin oleh Achmad Zaini, Dinas pengolahan sampah dan limbah B3 Dinas Lingkungan hidup propinsi Jawa timur, sebelum turun ke lingkungan, ia mendengarkan pemaparan yang disampaikan langsung oleh Kepala Desa Randupitu Mochammad Fuad.

Dalam pemaparannya Kepala Desa Randupitu Mochammad Fuad menyampaikan Visi : terwujudnya Sejahterah Masayarakat Randupitu Desa ” SEMAR ” yang maju, mandiri, damai, sejahtera dan berkelanjutan melalui tata kelola pemerintahan good governance.

MISI :1. Meningkatkan tata kelola pemerintah berbasis E-
2. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pembangunan, 3. Meningkatkan potensi sumber daya manusia untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa Randupitu, 4. Meningkatkan ketahanan pangan dan sector perokonomian masyarakat desa Randupitu, 5. Meningkatkan peran desa untuk menciptakan Pendidikan
dan kesehatan yang baik, 6. Meningkatkan peran desa untuk mengurangi angka
pengangguran, 7. Meningkatkan keamanan, ketertiban dan kenyamanan hidup masyarakat desa Randupitu.


Satu tahun pertama, melangkah tahun kedua ia memimpin desa Randupitu berbagai penghargaan telah ia peroleh. PRESTASI tingkat kabupaten Pasuruan: Lomba Kampung Papacling, Lomba Desa Tertib Administrasi, Lomba Budaya 3R, Desa ODF, Nominasi Desa Mandiri,

Nominasi terbaik desa penyerapan ADD. Desa Randupitu bukan tidak punya alasan atau dasar dalam mengikuti lomba Berseri Tingkat Pratama dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Berbagai prestasi yang di dapat, menjadi landasan pemkab Pasuruan menunjukkan Sejahterah Masayarakat Randupitu Desa ” SEMAR “desa Randupitu ikut lomba desa berseri.

Tidak hanya itu Mochammad Fuad juga mempunyai program Desa ” SEMAR ” yang sekarang dan yang akan datang. Program Pengelolaan Lingkungan Hidup:

1. Pemberdayaan Budidaya Ternak Bebek, 2. IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Komunal, 3. TPS 3R/RDF, 4. Ruang Terbuka Hijau 5. Pelatihan Pengelolaan sampah berskala rumah tangga, 6. Bank Sampah.” Papar Kepala Desa Randupitu Mochammad Fuad

Rencana Program Yang Akan Datang: 1. Pembangunan Drenase, 2. Satu Dusun Satu Ruang Hijau Terbuka, 3. Urbanfarming di Lokasi TPS 4. Pembangunan Jalan Usaha Tani, 5. Mewujudkan Kawasan Rumah Pangan Lestari.

Keberadaan pengolahan sampah semakin penting di lingkungan masyarakat. Tidak hanya cukup dibuang pada tempatnya, namun juga diolah agar menjadi sesuatu yang memiliki manfaat dan nilai guna. Salah satu cara kreatif untuk mengolah sampah adalah dengan bank sampah yang menggunakan paradigma mencegah timbulnya sampah menggunakan ulang sampah (reuse), serta mendaur ulang sampah.

Bank sampah merupakan konsep pengumpulan sampah kering rumah tangga, seperti plastik, kertas, kaleng, dan lain-lain yang menerapkan sistem konversi dari sampah menjadi uang, untuk meningkatkan partisipasi warga dalam memilah serta mendaur ulang sampah.Mochammad Fuad, melalui sosialisasi dan peran kader kadernya dalam mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga program Bak sampah yang ada di TPS3R PEMPES Randupitu Berjalan.

Selain itu peran Pemda Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) gencar mensosialisasikan dan membentuk bak sampah di seluruh kelurahan dan desa. Salah satu bak sampah yang berhasil dan menjadi percontohan di Kabupaten Pasuruan adalah Bak Sampah PEMPES yang ada di desa Randupitu Kecamatan Gempol.

Terkini, Bak Sampah PEMPES
menjadi andalan Desa Randupitu dalam penilaian lomba Desa Berseri tingkat Jawa Timur. Dalam agenda ini, tim juri dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur datang dan meninjau langsung Bank Sampah PEMPES dalam rangka penilaian dan evaluasi.,Kepala desa Randupitu Muhammad Fuad menyampaikan, Desa Randupitu menjadi wakil Kabupaten Pasuruan tingkat Pratama Dalam lomba Kelurahan/Desa Berseri Kategori Pratama Tingkat Jawa Timur Tahun 2024.

Ini adalah pertama kalinya Desa Randupitu ambil bagian dalam lomba Desa Berseri tingkat provinsi.“Verifikasi lapangan ini dilaksanakan setelah Desa Randupitu dinyatakan lolos verifikasi administrasi. Verifikasi lapangan ini untuk mencocokkan data berkas yang kita kirim itu. Ini pertama kalinya desa Randupitu mengikuti lomba Kelurahan Berseri, jadi kita masih tingkat pratama,” Tambahnya Mochammad Fuad.

Penilaian Desa Berseri ini jadi motivasi bagi seluruh masyarakat Randupitu untuk semakin mencintai lingkungan. Khusus bagi warga lingkungan RT 1 RW 06, RT 2 RW 06, RT 1 RW 11, RT 2 RW 11, penilaian Desa Berseri ini jadi motivasi untuk kedepan terus merawat ekosistem lingkungan melalui pengelolaan bak sampah.“Warga kami benar-benar sadar, pengelolaan sampah itu penting sekali untuk meminimalisir kerusakan lingkungan,” Paparnya

Tim juri Desa Randupitu Berseri dari provinsi menyampaikan pujian terkait dengan pengelolaan sampah oleh PEMPES dan TPS3R Secara keseluruhan, tim juri menilai bak sampah yang ada di desa Randupitu ini cukup baik dalam pengelolaan persampahan.”Kami terima kasih sekali kepada Kepala Desa Randupitu Mochammad Fuad beserta,Sekdes.dan Perangkat Desa serta Karangtaruna, Bapak Camat Gempol H.Khomari SH.MH.Bhabinkabtimmas Aipda Fata.Babinsa Serka Sugeng yang memfasilitasi kami untuk melakukan evaluasi lapangan, sangat luar biasa di semua kriteria isya Allah sudah di penuhi mulai dari kantor kelurahan kemudian terkait pengolahan sampah apalagi luar biasa,”ujar
Ketua tim verifikasi dan validasi, Achmad Zaini.

Tak hanya itu Achmad Zaini terkagum kagum saat melakukan verifikasi di dalam gedung TPS3R PEMPES. Sampah yang di olah 19 ton dalam 4 hari, kemudian ada inovasi yang menurut Zaini PEMPES tidak hanya bergantung kepada pemerintah tapi mampu menciptakan Werloder sendiri. ” Itu yang harus kedepan kita dorong untuk menjadi inovasinya ” Ucapnya di hadapan Kepala Desa Randupitu.Mochammad Fuad beserta Perangkat Desa,

Kemudian terkait dengan pemanfaatan lahan terbuka hijau , Zaini meyakinkan bahwa tanahnya terbuka hijau tadi sudah ada semuanya tanaman juga banyak. Konservasi air tadi juga ada biopori, kemudian juga ada juglangan sekaligus juga untuk tempat pengolahan sampah (LSO) Lubang Sumber Organik.

Untuk konservasi energi Zaini melihat masyarakat tadi memakai cendela terbuka ada fentilasi, bahkan di RW.6 RT.2 kebanyakan, mayoritas masih menggunakan genting kaca yang ada di dapur, “jadi seluruh kriteria yang di lembar evaluasi untuk desa Randupitu insya Allah sudah tercukupi, dan isya Allah nilainya cukuplah, “tegasnya.Achmad Zaini

” Tambahnya Dari hasil evaluasi lapangan menurut panitia, desa Randupitu mendapat peluang terbuka. Sebagai informasi, Desa Berseri merupakan program yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dalam hal pengelolaan lingkungan hidup. ‘Berseri’ sendiri memiliki kepanjangan Bersih, Indah dan Lestari.

Program Desa berseri dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Berseri tingkat rintisan yang dibina dan diseleksi oleh kabupaten dengan penilaian pada 1 RW. Untuk tingkat provinsi terdapat 3 kategori yaitu Berseri tingkat Pratama penilaiannya pada 2 RW, dan Berseri tingkat Madya minimal telah mengelola 3 RW. Untuk Berseri tingkat Mandiri minimal mengelola 4 RW atau semua RW apabila pada desa/kelurahan tersebut jumlah RW .(Samsul / A -6 ).

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *