Example floating
Example floating
Berita Bogor

Inovasi SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Raih Penghargaan dari KemenPPA

7662
×

Inovasi SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Raih Penghargaan dari KemenPPA

Sebarkan artikel ini

REALITA.CO ID || BOGOR , – Melalui program inovasi SKCK Goes to School, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPA) Republik Indonesia.

 

Program ini sudah membina lima angkatan dengan jumlah anak sekolah yang dibina sebanyak 778 anak yang semuanya sering terlibat ataupun memiliki potensi untuk tawuran.

 

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak, Nahar mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi KemenPPA RI terhadap kinerja sebuah lembaga maupun perorangan dalam hal ini Kapolresta Bogor Kota, terkait menangani anak-anak yang terlibat tawuran.

 

“Upaya ini kami apresiasi, karena berkontribusi dalam upaya pencegahan. Biasanya polisi kan dalam hal penegakan hukum, tapi ini mitigasinya lebih maju ke depan dalam rangka mencegah anak-anak berhadapan dengan hukum,” ujar Nahar.

 

Nahar menambahkan, SKCK Goes to School ini menjadi semacam laboratorium sosial atau project perubahan sebagai upaya untuk memperbaiki situasi dan kondisi yang tidak diharapkan. Anak-anak yang berada di kondisi ini, terkadang membuat orangtua tidak siap untuk tetap mengasuh.

 

Namun dengan pendampingan dari kepolisian selama 30 hari ini membuat anak dan orangtua menjadi nyaman.

 

“Upaya sistematis ini baru kami temukan di Kota Bogor sehingga ini merupakan penghargaan pertama kali yang diberikan KemenPPA RI kepada Polresta Bogor Kota,” jelas Nahar.

 

Di tempat yang sama, Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengucapkan, terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada dirinya. Ini menjadi motivasi bagi tempatnya mengabdi, Polresta Bogor Kota dalam berinteraksi dengan anak-anak menjadi lebih humanis dan merangkul.

 

“Jangan sampai, dalam menyongsong generasi emas 2045 kita malah tidak peka dan tidak tahu kalau anak memiliki sejuta potensi yang memang harus kita bina dengan sabar, istiqomah, dan ikhlas dengan melibatkan semua pihak. Mulai dari keluarga, sekolah, instansi terkait dan masyarakat dan Alhamdulillah di Kota Bogor semua antusias membina,” imbuh Bismo.

 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sangat mengapresiasi serta terbantu dengan adanya program SKCK Goes To School yang membuat nama Kota Bogor ikut terangkat, karena ini satu-satunya di Indonesia.

 

Ia pun akan mencari waktu yang tepat untuk turut memberikan apresiasi kepada Kapolresta Bogor Kota.

 

“Kami juga akan terus menekan angka tawuran di Kota Bogor dan akan merangkul Pemkab Bogor karena sekolah di kabupaten Bogor juga menyumbang tawuran di Kota Bogor serta mengoptimalkan satgas pelajar,” tegas dia.

RED/RLT

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *