Example floating
Example floating
Blog

25 Gunungan Ketupat untuk Grebek Syawalan Di Bukit Sidoguro Klaten

233144
×

25 Gunungan Ketupat untuk Grebek Syawalan Di Bukit Sidoguro Klaten

Sebarkan artikel ini

REALITA.CO.ID || Klaten- I Komandan Kodim 0723/Klaten Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo,S.E,M.Han menghadiri pagelaran tradisi grebeg syawalan dengan melakukan kirab gunungan ketupat di objek wisata Bukit Sidoguro, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat pada Rabu (17/4). Acara tersebut dihadiri langsung oleh bupati dan wakil bupati Klaten Serta Forkopimda Kabupaten Klaten.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten Sri Nugroho menjelaskan, tradisi tersebut merupakan event pariwisata dalam rangka Tradisi Syawalan Tahun 1445 H.

”Untuk tradisi grebeg syawalan ini dirangkai dengan halal bihalal antara bupati Klaten dengan masyarakat,” ujar Kepala Disbudporapar Klaten Sri Nugroho

Sri Nugroho mengungkapkan, 25 gunungan ketupat tersebut akan diperebutkan masyarakat. Meski begitu, pemkab juga akan menyiapkan 1.000 paket ketupat siap santap.

Sementara itu Dandim Klaten didepan awak media mengatakan ”Grebeg syawalan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Allah Subhannahu Wa Ta’ala. Dikarenakan kita telah melaksanakan ibadah puasa sekaligus sebagai perayaan kemenangan telah melewati bulan Ramadan, grebeg syawalan merupakan tradisi tahunan yang biasa digelar usai Lebaran. Rangkaian tradisi itu digelar sebagai upaya melestarikan warisan leluhur. Kegiatan itu juga menjadi sarana silaturahmi sekaligus ajang saling memaafkan” Ujar Dandim

Kodim 0723/Klaten juga memberikan dukungan pengamanan perayaan Grebek syawalan sejumlah satu Peleton personil untuk disebar di wilayah tempat acara guna menciptakan keamanan dan kelancaran acara. (red)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *