Example floating
Example floating
Blog

Upacara Hari Lahir Pancasila, Kota Bogor Siap Dukung Indonesia Emas 2045

1005
×

Upacara Hari Lahir Pancasila, Kota Bogor Siap Dukung Indonesia Emas 2045

Sebarkan artikel ini

REALITA.CO.ID || Penjabat (Pj) Wali Kota Bogor, Hery Antasari menjadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Kota Bogor yang dipusatkan di Plaza Balai Kota Bogor, Sabtu (1/6/2024) pagi.

Upacara Hari Lahir Pancasila dengan tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Emas 2045’ ini juga diikuti oleh Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso, Dandim 0606/Kota Bogor, Kolonel Inf Fikri Ferdian, Dandenpom III/ Bogor Mayor CPM, Aditya Mahdi, dan yang mewakili Forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kota Bogor.

Bertindak sebagai komandan upacara, Kabid Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama pada Badan Kesbangpol, Ronny Kunaefi yang diikuti peserta upacara yang terdiri dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, TNI-Polri, Pramuka dan berbagai pihak.

Pada pelaksanaan Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024, Inspektur Upacara Hery Antasari membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Yudian Wahyudi yang diawali dengan memaparkan awal mula ketika Soekarno memperkenalkan Pancasila.

“Kita memperingati Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK),” katanya membacakan sambutan Kepala BPIP.

Beberapa poin lainnya yang disampaikan dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini diantaranya adalah mengenai tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” katanya.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” katanya.

Hery Antasari juga menyampaikan, perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, Kepala BPIP mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Senada dengan pidato Kepala BPIP RI, dalam momentum Hari Lahir Pancasila ini, Hery Antasari menyampaikan bahwa kondisi Kota Bogor yang diisi oleh masyarakat yang heterogen dari berbagai jenis suku, bangsa, agama dan juga bahasa dengan berbagai dinamika yang ada, mencerminkan Kota Bogor sebagai nusantara kecil.

“Oleh karenanya, hari lahir Pancasila ini diharapkan harus lebih bisa meresap, karena kita menghadapi dinamika-dinamika yang lebih bervariasi daripada kota lain. Jadi dengan hari lahir pancasila ini sebagai momentum untuk kita terus menjaga nilai-nilai pancasila agar di tengah-tengah masyarakat kita,” katanya didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat pada Setda Kota Bogor, Eko Prabowo dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

Sehingga lanjut Hery Antasari, dalam menghadapi tantangan, problematika yang ada, roda pembangunan dan roda pemerintahan bisa terus tetap berjalan tanpa adanya hambatan.

Dalam menyongsong Indonesia Emas 2045, sebagai komponen bangsa Kota Bogor tentu harus juga mempersiapkan Indonesia di tahun 2045 sebagai Indonesia emas.

Sehingga menurutnya, jika Indonesia Emas, maka kabupaten/kota dan provinsi seluruhnya juga harus menjadi emas.

“Dalam rangka 2045 tentu kita saat ini Kota Bogor siap untuk mendukung Indonesia Emas emas 2045, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” katanya.

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *