Example floating
Example floating
Blog

Dalam Rangka Pemantapan Kesiapan Pemilu 2024, 32 Personil Linmas Desa Wangkal Mengikuti Program Pembinaan

7701
×

Dalam Rangka Pemantapan Kesiapan Pemilu 2024, 32 Personil Linmas Desa Wangkal Mengikuti Program Pembinaan

Sebarkan artikel ini

 

REALITA.CO.ID || Sidoarjo –
Sebanyak 32 personil Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Wangkal, Kecamatan Krembung digembleng. Dalam rangka program pembinaan kemasyarakatan, Diklatsar Linmas Bidang Ketentraman Dan Ketertiban Masyarakat Tahun 2024. Hal kegiatan tersebut dipusatkan pada pendopo kantor balai desa setempat. Serangkaian acara itu dihadiri, Nur Huda Sekretaris Camat ( Sekcam), Slamet Basori Kepala Desa Wangkal, Polsek, Koramil, dan Pendamping Desa, Rabu (24/01/2024) pagi

Kegiatan ini digelar bertujuan, untuk memberikan pemantapan, pengertian, pemahaman. Serta dituntut kepekaan, kepedulian, kesiap siagaan terhadap lingkungan. Sehingga terciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan kondusifitas. Sesuai tugas fungsi pokoknya seperti sekarang ini, kesiapan Linmas dalam keamanan menjelang Pemilu 2024.

Sementara Nur Huda Sekretaris Camat Krembung menjelaskan kegiatan pembinaan Linmas ini, diinstruksikan kepada desa-desa terutama dalam menghadapi persiapan Pemilu. Baik Pilpres, Pileg, maupun Pilkada, supaya ini ada pembekalan bagi Linmas di desa. Sehingga peran dari Linmas dapat dioptimalkan, agar pelaksanaan untuk kegiatan-kegiatan Pilpres, Pileg, Pilkada, bisa berjalan lancar. ” Minimal Linmas sudah tahu tanggung jawabnya, apabila diterjukan di TPS. Intinya mereka, Linmas ini sudah siap keseluruhannya, ” ucapnya.

Terpisah Slamet Basori Kepala Desa Wangkal mengakui, Linmas yang ada diwilayah kerjanya itu semuanya aktif. Kegiatan keamanan seperti berpartisipasi ditempat hajatan warga, bersih lingkungan, tanggap bencana, dan sebagainya. Serta turut membantu warga ketika ada yang membutuhkan, dan siap 24 jam bahkan lebih. Menanggapi soal-soal kendala dihadapi Linmas, saya kira tidak ada. Sebab mereka diberikan bekal, fasilitas, beserta seragamnya sudah di siapkan, terangnya.

Hal sama dikatakan Ipda Nugroho Wijayanto Kanit Binmas Polsek Krembung, dan Peltu A. Rofiq Bati Komsos Koramil Krembung menegaskan kegiatan ini pada Linmas selain memberikan pemaparan materi, pembekalan, baris berbaris. Bahwa Linmas harus siap melaksanakan pengamanan Pemilu, yang ada di TPS-TPS dan sebelumnya sudah diplotting. Adanya pembekalan ini, berharap bahwa Linmas siap secara fisik, dan teknis, paparnya.

Lanjutnya, Linmas wajib netralitas walaupun apapun yang terjadi. Siap menjaga, amankan Pemilu 2024 yang adil dan jujur. Selain itu mereka para Linmas, diberikan pemantaban terkait tugas dan fungsinya yang ada di desa. Tugas-tugas Linmas ini tidak ringan, akan tetapi cukup berat. ” satuan Linmas adalah warga masyarakat, yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan. Semisal penanganan bencana, guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana. Serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban, dan kegiatan sosial kemasyarakatan,” pungkasnya.(Syamsul/A-6)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *